Variasi Strategi Dalam Turnamen Poker Online

Saya memulai penelitian saya untuk buku saya Turnamen Poker untuk Sisanya dengan satu pertanyaan mengemudi: apa gaya terbaik untuk bermain turnamen poker online? Saya telah bermain poker gaya “Harrington” selama bertahun-tahun, gaya berdasarkan seri buku turnamen turnamen Harrington on Hold’em. Ini pada dasarnya adalah gaya yang ketat dan agresif ketika tumpukan kami setidaknya cukup dalam. Kemudian ia bertransisi ke gaya “shove-fold” begitu tumpukan kami jatuh di bawah 10 BB atau lebih.

Tetapi saya bertanya-tanya apakah gaya “menumbuhkan atau pulang” tidak akan memberikan hasil yang lebih baik. Argumen rasional dapat dibuat untuk kedua gaya, dan kita dapat menemukan juara turnamen di kedua ekstrim. Jadi mana yang lebih baik?

Varian Game Tunai

Artikel saya sebelumnya sepenuhnya tentang varian permainan uang. Kami dapat dengan mudah melacak hasil permainan uang kami untuk menentukan tingkat kemenangan dan varians kami, yang menentukan kualitas permainan uang tunai kami. Misalnya, Mr. Liberty memiliki tingkat kemenangan 4,2 ± 2,2 BB / 100 lebih dari 100.000 tangan, jadi dia jelas pemain yang berkualitas.

Varian permainan tunai adalah fungsi dari seberapa “aktif” kita kita; semakin banyak tangan yang kita mainkan dan semakin agresif kita memainkannya, semakin tinggi varians kita. Tetapi varian permainan uang kami tidak ada hubungannya dengan keberhasilan permainan uang tunai kami.

Varians Turnamen

Memperkirakan varian jauh lebih sulit untuk pemain turnamen. Kami tidak bisa hanya menghitung berapa banyak chip yang kami menangkan karena “nilainya” bervariasi selama turnamen. Kerusakan dan semut tidak hanya meningkat, keripik kami tidak memiliki nilai tunai intrinsik hingga kami pecah. Faktanya, setiap pemain turnamen kecuali pemenang akhirnya kehilangan semua chipnya.

Alih-alih, metode yang biasa untuk menilai keberhasilan turnamen adalah menghitung ROI kami. Ini hanyalah (total laba kami) / (total investasi kami), dinyatakan sebagai persentase. Kita bisa berdebat tentang arti setiap istilah, tetapi seorang pemain adalah pemenang ketika ROI-nya lebih besar dari nol.

Kami juga bisa mencatat selesai turnamen kami dan menghitung tempat rata-rata kami dan standar deviasi, tetapi ada kesulitan dengan pendekatan ini. 1) Poin data membutuhkan waktu lama untuk terakumulasi. 2) Setiap pertandingan memiliki struktur yang berbeda, penerimaan, jumlah peserta dan sebagainya. Ini membuat analisis matematis meragukan, agak seperti menggabungkan $ 1 / $ 2, $ 1 / $ 3, $ 2 / $ 5 dan $ 5 / $ 10 hasil permainan uang tunai menjadi satu angka laba tunggal.

Kurva Bell Turnamen Mr. TAG

Kami tidak dapat memastikan seperti apa kurva kinerja turnamen, tetapi kami dapat membuat tebakan yang berpendidikan. Misalkan Mr. TAG adalah pemain turnamen hebat yang telah memainkan sejumlah besar turnamen 1.000 pemain yang identik. Hasilnya kemudian akan mengikuti kurva lonceng turnamen yang digambarkan pada Gambar 1. (Jangan tertawa. Distribusi sebenarnya dari turnamen Sit-N-Go online saya hanya menunjukkan bentuk kurva lonceng.)

TAG rata-rata menempati peringkat ke-250, dengan deviasi standar 100 tempat dan ia menguangkan 16% dari waktu (area hijau di bawah kurva TAG). Jika Mr. TAG hanya memotong pool hadiah dengan kasir lain, ROI-nya hanya sekitar + 6%. (Pada kenyataannya dia melakukan lebih baik dari ini karena kumpulan hadiah sangat berat dan dia kadang-kadang akan menguangkan “dalam”.)

Kurva Lonceng Turnamen Mr. LAG

TAG berpikir bahwa ROInya tidak sebaik yang seharusnya. Bagaimanapun, dia adalah pemain yang sangat bagus. Tetapi hanya ada dua cara untuk meningkatkan ROI-nya:

  1. Dia dapat meningkatkan permainannya, yang memiliki efek menggeser kurva belnya ke kiri. Bermain daftar poker yang lebih baik adalah usaha yang kompleks, tetapi ini adalah solusi yang kami perjuangkan. Itu sebabnya kami membaca buku dan artikel strategi.
  2. Kita dapat memperluas kurva lonceng kita dengan meningkatkan varians kita.

Jadi Mr. TAG menyesuaikan gaya turnamennya sedemikian rupa untuk meningkatkan variansnya tanpa mengubah tempat penyelesaian rata-rata, kurva LAG pada Gambar 1. Kita dapat melihat bahwa Mr. LAG telah meningkatkan variansnya sebesar 50%, yang mendistribusikan kembali beberapa hasilnya dari daerah A ke daerah B dan C dari kurva loncengnya.

Ini meningkatkan ROI-nya karena satu alasan sederhana: tidak masalah di mana dia selesai jika dia tidak tunai. Menyelesaikan tempat ke-900 tidak lebih buruk daripada menyelesaikan ke-200, jadi memindahkan bahkan sejumlah kecil dari daerah A ke daerah C akan meningkatkan ROI-nya.

Mr. LAG sekarang menguangkan sekitar 25% dari waktu, dan dia akan memiliki ROI 67% jika semua kasir memotong jumlah hadiah dengan setara. Tetapi bahkan lebih baik dari itu. Memperluas kurva loncengnya juga menghasilkan frekuensi lebih tinggi dari uang tunai “dalam”, yang berarti ROI aktualnya harus jauh lebih baik daripada Mr. TAG.

Meskipun kurva ini hanya hipotetis, strategi Mr. LAG valid meskipun kurva lonceng awalnya berbeda dari kurva TAG. Mr. LAG telah mendistribusikan ulang sebagian dari hasil akhir medianya (wilayah A), dan memindahkannya ke ekor kurva LAG (wilayah B dan wilayah C), meningkatkan hasil akhir yang tinggi dan rendah. Dia baik keripik atau pulang lebih awal.

Ini tidak berarti kita bisa bermain seperti orang gila. Strategi itu tentu memperluas kurva lonceng kami, tetapi itu menggeser puncaknya secara signifikan ke kanan. Apa yang kami coba lakukan adalah mempolarisasi hasil akhir kami, untuk membuat distribusi statistik yang “lebih rata” dan “lebih luas” dengan meningkatkan varian kami tanpa secara signifikan menurunkan rata-rata hasil akhir kami. Itu membutuhkan strategi LAG cerdas daripada strategi maniak liar.

Kesimpulan

Saya telah menjawab pertanyaan awal saya. Strategi turnamen LAG dapat dianggap sebagai strategi “chip-up or go home”, yang dapat lebih unggul daripada strategi Harrington yang ketat. Tujuan kami harus mengambil risiko yang masuk akal, bahkan beberapa dengan chip-EV yang sedikit negatif. Mengambil risiko itu memperluas kurva lonceng kami dan menghasilkan turnamen yang lebih tinggi selesai ketika mereka membayar.

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *